Tips Mengobati Luka Yang Di Alami Ayam Bangkok Setelah Bertarung

sabung ayam filipina 2017

Ayam aduan yang memiliki pukulan yang keras yaitu ayam Bangkok. Kerasnya pukulan ini dapat membuat musuh menjadi keok. Dalam suatu laga tidak jarang ayam bangkok kita mengalami memar ataupun luka karena terkena pukulan lawan. Dan dalam suatu laga biasanya setelah aduan selesai, kita pasti akan melakukan perawatan untuk mengembalikan stamina ayam bangkok maupun mengobati luka memar.

Ada beberapa teknik dan obat yang kita gunakan untuk mengobati luka memar pada ayam bangkok. Ada pengobatan tradisional maupun kimia, semua itu mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menyembuhkan luka  serta memar yang ada pada ayam bangkok setelah berlaga di sabung ayam filipina 2017. Berikut ini adalah tips mengobati ayam bangkok luka atau memar setelah berlaga :

1. Kriteria luka/memar yang sering di peroleh ayam bangkok
Ada beberapa kriteria yang dialami ayam bangkok pada saat berlaga. Ada yang sampai bocor berkeluaran darah dan ada pula yang memar biasa. Setiap luka itu memerlukan perawatan masing-masing. Berikut ini kriteria luka yang dialami dan dapat dibedakan menjadi 2 :
– Luka ringan/ memar, jika luka relatif cukup ringan, kita dapat mengobatinya dengan beberapa cara mulai dari tradisional maupun kimia.
– Luka parah/ kepala sampai bocor, kalau yang ini kita harus lebih teliti dalam merawatnya.

2. Obat Kimia
Ada beberapa obat kimia yang sering digunakan untuk mengobati luka memar pada ayam bangkok. Obat kimia adalah obat yang di buat oleh pabrik dan untuk mengobati luka memar, biasanya dengan beberapa obat atau ramuan di bawah ini :
– Minyak sarang tawon.
– Arak gosok (biasanya ada di toko obat cina).
– Betadine.

3. Obat Tradisional
Ada beberapa obat tradisional yang sering kita pakai untuk menyembuhkan luka memar yang ada, obat atau ramuan tradisional sering kita jumpai di sekitar kita. Berikut ini beberapa obat atau ramuan tradisional untuk menyembuhkan luka memar ayam bangkok :
– Bawang putih.
– Larutan garam.
– Getah talas.
– Getah pisang.

Cara untuk mengobati luka memar pada ayam bangkok
Untuk menyembuhkan luka memar yang parah atau ringan biasanya sering digunakan obat kimia dan tradisional di padukan.
Misalnya pada sebuah laga ayam bangkok kita mendapatkan luka di sekujur kepala, nah cara mengobatinya adalah, luka di kepala ayam bangkok di bersihkan dengan cara direndam dengan larutan garam dan air yang hangat, biarkan darah yang ada mengering pada bekas lukanya. Untuk mencegah infeksi berilah larutan betadine terhadap luka tersebut.
– Jika kita menggunakan obat tradisional, caranya adalah bersihkan luka lalu tetesi bagian yang luka dengan getah pisang atau kelor.
– Jika luka yang dialami hanya ringan, langkah untuk mengobati memarnya dengan mengompres bagian yang luka dengan bawang putih yang di buat halus.
– Dapat juga kita menggunakan dengan minyak tawon, caranya dilakukan dengan bersihkan seluruh luka pada ayam bangkok, lalu diolesi dengan minyak tawon.
– Boleh juga kita menggunakan arak gosok, caranya dengan bersihkan luka lalu di beri arak gosok.

Nah cara perawatan dan ketelitian adalah kunci dalam merawat memar yang ada pada ayam bangkok. Memang dalam merawat kita wajib untuk selalu menjaga agar seluruh luka pada ayam bangkok harus bersih agar tidak terjadi infeksi.